Dosen UNIPMA Berikan Pelatihan untuk Guru Fisika SMK dan MAN Kota Madiun 

Dosen Pendidikan Fisika Universitas PGRI Madiun (UNIPMA) melakukan program pengabdian masyarakat untuk Guru Fisika SMK dan MAN Kota Madiun, Kamis (9/6/2022). Kegiatan pengabdian tersebut diwujudkan dalam pelatihan “andragogycal content knowledge berbasis teknologi digital guna menunjang keberhasilan MBKM”.

 

Kegiatan yang diinisiasikan oleh dosen Pendidikan Fisika UNIPMA tersebut di gelar di Ruang Pertemuan RM. Lombok Ijo Kota Madiun mulai pukul 09.00 – 12.00 WIB. Adapun sasaran program pengabdian masyarakat ini adalah para guru fisika SMK/MAN Kota Madiun. Diantaranya yaitu Guru MAN 1 Madiun, MAN 2 Madiun, SMK gamaliel 1, SMK cendekia dan SMK gula rajawali.

 

Kegiatan tersebut juga hadir semua dosen Pendidikan Fisika serta mengundang dua tentor CSC (Cendekia Study Center). Sehingga total peserta pelatihan ada 12 orang.

 

Program pengabdian masyarakat Pelatihan dengan tema andragogycal content knowledge berbasis teknologi digital bertujuan meningkatkan kemampuan konsep fisika dan pemanfaatan liyerasi digital guna menunjang pembelajan fisika lebih baik.

 

Kegiatan ini dibuka Dr. Tantri Mayasari, M. Pd. selaku MC lalu dilanjutkan dengan pemberian materi pelatihan yang disampaikan oleh Dr. Jeffry Handhika, M. Pd. Dan Erawan Kurniadi, M. Pd.

 

Pemateri 1, Dr. Jeffry Handhika, M. Pd. Memberikan materi tentang Pemanfaatan Software Visualisasi dan Simulasi dalam Pembelajaran Vektor dan Kinematika. Sedangkan Pemateri 2, Erawan Kurniadi, M. Pd. Memberikan materi mengenai  Electronic Workbench (EWB) Sebagai Penunjang Penguatan Pemahaman Materi Rangkaian Listrik.

 

Erawan menjelaskan pentingnya EWB bagi guru dan siswa. “ini sangat penting untuk menunjang dan memudahkah pemahaman siswa bahkan untuk gurunya juga,” Paparnya.

 

Erawan juga mengatakan EWB lebih praktis dari segi biaya, waktu, dan keamanan daripada praktikum di laboratorium.

 

Para guru/peserta pelatihan terlihat sangat antusias terhadap materi yang disampaikan oleh tim pengabdian masyarakat UNIPMA. salah seorang guru fisika MAN 1 kota Madiun yang mengikuti pelatihan mengungkapkan antusiasnya terhadap pelatihan yang telah diberikan.

 

"Saya selaku kepala guru fisika MAN 1 Kota Madiun berterima kasih atas undangan dari bapak ibu dosen UNIPMA yang memberikan pelatihan ini. Kami berharap ada pelatihan untuk siswa juga nantinya, karena Literasi digital sangat sesuai dengan siswa pada generasi sekarang,” Ujar salah seorang guru fisika MAN 1 kota Madiun yang mengikuti pelatihan.