Dosen UNIPMA Manfaatkan LMS Berbasis Moodle dalam Pembelajaran di PKBM Bhakti Luhur  

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Dosen Universitas PGRI Madiun (UNIPMA) dengan judul “PEMANFAATAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) BERBASIS MOODLE PADA PEMBELAJARAN KEJAR PAKET B DAN C DI PKBM BHAKTI LUHUR KABUPATEN MADIUN MELALUI KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN PROGRAM KSKI MBKM” dilaksanakan oleh tiga orang Dosen yaitu: Dr. Asroful Kadafi, M.Pd, Pramudya Ardi, M.Pd, Dian Ratnaningtyas Afifah, S.Psi.,M.Psi.,Psikolog, satu orang tenaga Pendidik yaitu Intamy Dewi, S.Pd dan 1 orang mahasiswa, yaitu Untaka Jayadiatma.

 

Kegiatan ini dilaksanakan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bhakti Luhur berlokasi di Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Berdasarkan pada temuan permasalahan mitra yaitu terkait proses pembelajaran Kejar Paket B dan C pada masa pandemi Covid-19, proses administrasi pendaftaran warga belajar dan serta memantau kehadirannya warga belajar secara online, dan proses pembelajaran Kejar Paket B dan C melalui metode daring. Berdasarkan permasalahan tersebut, solusi terhadap permasalahan tersebut adalah memanfaatkan Learning Management System (LMS) berbasis Moodle pada pembelajaran Kejar Paket B dan C di PKBM Bhakti Luhur Kabupaten Madiun.

 

Learning Management System (LMS) berbasis moodle memiliki banyak fitur yang mendukung pembelajaran online dan dinilai cocok untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran di PKBM Bhakti Luhur. Pemanfaatan Learning Management System (LMS) berbasis moodle dapat mengubah proses pembelajaran Kejar Paket B dan C di PKBM Bhakti Luhur sehingga pembelajaran mandiri dapat berjalan efektif, memudahkan akses belajar warga belajar dan tetap dapat terpantau oleh guru, dan tentunya tidak kalah dengan warga belajar lain yang menempuh di jalur pendidikan formal.

 

Ketua Tim Abdimas Dr. Asroful Kadafi, M.Pd, mengatakan kegiatan ini dilakukan dengan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru dan warga belajar tentang prosedur atau cara mengoperasionalkan LMS berbasis moodle untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di PKBM Bhakti Luhur. Adapun luaran dari PKM ini diantaranya: (1) diaplikasikannya Learning Management System berbasis Moodle dalam pembelajaran Kejar Paket B dan C di PKBM Bhakti Luhur Kabupaten Madiun, (2) peningkatan kualitas pembelajaran Kejar Paket B dan C di PKBM Bhakti Luhur yang dapat diakses secara mandiri oleh guru dan warga belajar, (3) video profil mitra dan pengoperasionalan LMS berbasis moodle, (4) publikasi artikel ilmiah di jurnal pengabdian kepada masyarakat, (5) publikasi di media masa dan (6) laporan akhir kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

 

“Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah bentuk bantuan pendanaan program penelitian kebijakan merdeka belajar kampus merdeka dan pengabdian masyarakat berbasis hasil penelitian PTS,” ujarnya.