Dosen UNIPMA Beri Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Sekolah Sebagai Inovasi dalam Merdeka Belajar 

Tim Abdimas Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Madiun (UNIPMA) yang di ketuai oleh Dr. Lulus Irawati, S.S., M.Pd., dan beranggotakan Dr. Erlik Widiyani Styati, M.Pd., dan dua mahasiswa melaksanakan Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) Sebagai Inovasi dalam Merdeka Belajar pada kelompok kerja kepala sekolah (K3S) di Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan.

Kegiatan ini merupakan hilirisasi hasil penelitian dosen yang juga merupakan  implementasi dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian kepada Masyarakat di Tahun 2022 yang diharapkan akan memberi bekal kepada para kepala sekolah agar mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan terkait dengan Penelitian Tindakan Sekolah mulai dari bagaimana memilih judul yang baik, latar belakang, permasalahan, kajian teori, metode penelitian dan sebagainya.


Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 6/7/2022 di Aula Pusat Kegiatan Guru  Kecamatan Kawedanan  Kabupaten Magetan.  Dengan peserta sekitar 30 orang kepala sekolah di kecamatan Kawedanan.

Ketua K3S Kecamatan Kawedanan, Bapak Suparno, S.Pd.,  berharap melalui kegiatan ini, dapat mengatasi masalah yang dihadapi oleh sebagian besar kepala sekolah yaitu sebagian besar kepala sekolah masih kesulitan dalam menulis best practice kepala sekolah. Kebanyakan kepala sekolah belum mendapatkan pelatihan utamanya pelatihan yang berkaitan dengan penulisan penelitian tindakan sekolah (PTS).

Selain itu, dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dan pengelolaan sekolah, kepala sekolah dapat melakukan penelitian tindakan sekolah PTS sekaligus sebagai sarana pengembangan profesinya. “Silahkan diikuti dengan baik pelatihan ini semoga membantu Bapak/Ibu untuk menulis penelitian tindakan sekolah (PTS) yang menjadi syarat kenaikan pangkat Bapak/Ibu,” ucap Suparno saat membuka acara pelatihan.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, ketua tim abdimas, Dr. Lulus Irawati, S.S., M.Pd.  memaparkan materi materi terkait konsep dasar PTS, tahapan dalam penulisan PTS, cara menghindari plagiasi dan pemilihan judul penelitian.

Peserta pelatihan yaitu kepala sekolah di kecamatan kawedanan sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta saling mengutarakan masalah-masalah yang ada di sekolah masing-masing untuk di diskusikan kepada pemateri dan peserta pelatihan lainnya.

Kegiatan ini juga dilanjutkan dengan penandatangan MoA/MoU antara UNIPMA dengan K3S di kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan.

“Harapan kami dengan adanya kegiatan pelatihan ini, kepala sekolah di kecamatan Kawedanan  dapat memahami penulisan penelitian tindakan sekolah (PTS) sehingga kami dengan mudah menyusun penelitian untuk pengembangan profesi,” jelas Bu Tuminem salah satu peserta pelatihan.