Prodi PBSI UNIPMA Gelar Seminar Nasional Percepatan Transformasi Digital 

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNIPMA menggelar  seminar nasional SAMBHASANA #1 bertema "Percepatan Transformasi Digital, dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia” secara daring pada Selasa, (26/7/2022).

Acara diawali dengan sambutan sekaligus membuka acara dari Wakil Dekan FKIP, Dr. Dahlia Novarianing Asri., S.Psi., M.Si. Ia berharap semoga kerjasama ini tidak hanya di bidang akademik dalam penyelenggraan seminar tetapi juga dalam bidang lain seperti pertukaran mahasiswa, joint research dan pengabdian masyarakat.

Adapun seminar nasional yang di moderatori oleh Asri Musandi Waraulia, S.Pd., M.Pd. ini menghadirkan 3 Pemateri yaitu Dr. Wijaya Heru Santosa, M.Pd. dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Dr. Dewi Kusumaningsih, S.S. M.Hum., dari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo dan Dr. Agung Nasrulloh Saputro, S.Pd., M.Pd. Universitas PGRI Madiun. Seminar ini merupakan rangkaian kegiatan seminar yg telah dilakukan oleh ketiga universitas sebg bentuk perwujudan kerja sama yang telah terjalin.

Seminar ini diikuti oleh pemakalah pendamping sejumlah 50 dan diikuti oleh peserta sejumlah 200 dari kalangan dosen, guru dan mahasiswa yang berasal dari dalam dan luar Madiun seperti dari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Universitas PGRI Yogyakarta, UNP Kediri.

Tujuan diadakannya seminar nasional ini yaitu untuk mengetahui isu terkait  percepatan digital, dan berharap dapat mengikuti perkembangan digitalisasi dan menginovasikan kedalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

Pemateri dari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Dr. Dewi Kusumaningsih, S.S. M.Hum,. mengatakan “Dunia digital sangat luar biasa update nya, maka jangan lupa kita sebagai insan dunia pendidikan mengupgrade diri kita dan  jangan sampai ketinggalan zaman”, tuturnya di akhir materi.

Menariknya, di akhir materi terdapat sesi tanya jawab dan diskusi. Peserta seminar sangat antusias mengikuti diskusi.