Berdayakan Masyarakat Penyangga Hutan dengan kegiatan Pembuatan Vegetasi buatan untuk Ternak Lebah Klanceng 

Himpunan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun (HMFT UNIPMA) mendapatkan Hibah Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) Tahun 2022 yang di danai oleh Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sebesar 27,5 juta.

Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) tahun 2022 adalah kegiatan yang diwujudkan dalam bentuk pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh organisasi kemahasiswaan yang dalam pelaksanaannya diharapkan dapat peningkatan kesejahteraan masyarakat sasaran. Kegiatan PPK Ormawa yang dilakukan HMFT UNIPMA,  diawali dengan Ceremonial Pembukaan kegiatan PPK Ormawa oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Magang, Publikasi, Penjaminan Mutu dan Alumni, Dr. Jeffry Handika, M.Pd., M.Si.  dengan tema Industri Kreatif Masyarakat Desa Penyangga Hutan Melalui Kegiatan Ternak Lebah Lanceng yang bertempat di Belakang Warung Alas Wungu pada Rabu, (24/8/2022).

Pihaknya mengatakan, melalui program PPK Ormawa tahun 2022 mengharapkan mahasiswa mampu menjadikan lokasi tersebut sebagai tempat wisata edukasi lebah klaceng bagi masyarakat umum, menjadi tempat kegiatan penelitian mahasiswa dan dosen dalam pengembangan usaha ternak madu klanceng serta menjadikan unit bisnis  kelompok tani hutan sehingga dapat mengakat kesejahteraan warga.

Program yang dijalankan oleh tim PPK HMFT sejumlah 12 mhasiswa dengan sasaran Kelompok Tani Hutan (KTH) Ngudi Waluyo Sejahtera. Adapun kegiatan PPK tersebut membuat vegetasi buatan yang mendukung produksi lebah madu lanceng dan merintis terbentuknya tempat edukasi lebah lanceng untuk meningkatkan kebermanfaatan ternak madu lancing serta melakukan pemasaran produk madu secara digital.

Agus Purwanto, Ketua KTH Ngudi Waluyo Sejahtera mengapresiasi kepada mahasiswa FT UNIPMA, dengan adanya program ini diharapkan kolaborasi ini berjalan dengan baik serta berkelanjutan dan mampu mengangkat ternak lebah klanceng tersebut untuk menjadi lokasi wisata edukasi unggulan di wilayah Madiun.

Kegiatan ceremonial tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Magang, Publikasi, Penjaminan Mutu dan Alumni, Dekan DAN Wakil Dekan FT UNIPMA, Dosen Pembimbing PPK, Lurah Wungu, Ketua KTH Ngudi Waluyo Sejahtera, kepala Biro Kemahasiswaan, Dinas Pariwisata dan Pemuda kabupaten Madiun, Dinas Perhutani, Cabang Dinas  Kehutanan Wilayah Madiun serta pemuda yang ada di wilayah lokasi kegiatan.