LPPM UNIPMA Gelar Pembekalan Mahasiswa KKN-T BKKBN 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) Universitas PGRI Madiun (UNIPMA) bekerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengadakan pembekalan KKN Bangga Kencana Tahun 2023 di Lantai 4 Kampus 3 UNIPMA pada Kamis (22/12/2022).

Adapun acara ini dibuka oleh Rektor UNIPMA, Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd. yang diikuti oleh pengantar dari Ketua KKN, Dr. Erlik Widiyani Styati, M.Pd sebelum masuk materi. Pihaknya melaporkan bahwa peserta KKN-T BKKBN sejumlah 150 mahasiswa dengan jumlah Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) ada 10 Dosen.

Kegiatan ini dihadiri Koordinator Bidang Dalduk Perwakilan BKKBN Jatim Uni Hidayati ST MM yang mewakili Kepala Perwakilan BKKBN Jatim. Beliau pada kesempatan itu menuturkan bahwa World Health Organization (WHO) mendefinisikan stunting sebagai kegagalan pertumbuhan dan perkembangan yang dialami anak-anak akibat asupan gizi yang kurang dalam waktu lama, penyakit infeksi yang berulang dan stimulasi psikososial yang tidak adekuat.

Kemudian acara dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh  Toma Afriandi, SH, M.Si. beliau adalah Subkoordinator Kerjasama Pendidikan Kependudukan, Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur. Ia menjelaskan isu strategis yang melatar belakangi, apa yang menyebabkan stunting, bagaimana menyelesaikan masalah stunting itu sendiri dan peran mahasiswa dalam usaha mengurangi angka stunting.

Toma Afriandi juga menjelaskan kondisi stunting di Jawa Timur saat ini. Termasuk Prevalensi balita stuted (tinggi badan menurut umur) berdasarkan kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur, SSGI 2021.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor Bidang Riset dan Pengabdian Masyarakat, Dr. Bambang Eko Hari Cahyono, M.Pd. Kepala LPPM UNIPMA, Dr. Fida Chasanatun, M.Pd. beserta jajarannya, dan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) serta mahasiswa.

Pembekalan ini diharapakan mampu memberikan gambaran awal tentang program-program KKN yang akan dilakukan oleh mahasiswa dalam upaya untuk meningkatkan keberhasilan dalam pemberdayaan masyarakat sekitar.