Cakap Digital, Dosen FT UNIPMA Gelar Workshop Digital Marketing Strategy  

Program digitalisasi sekolah harus didukung dan ditindaklanjuti dengan peningkatan kompetensi guru dan siswa khususnya di bidang penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Pengembangan minat kewirausahaan pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dipandang strategis untuk menyiapkan generasi  yang produktif dan berkarakter di masa yang akan datang.

Selain bekerja di industri atau melanjutkan studi di jenjang pendidikan tinggi, lulusan SMK juga didorong menjadi wirausaha kreatif.  Untuk mendukung pengembangan kewirausahaan di SMK Cendekia Madiun maka tim pengabdian masyarakat Fakultas Teknik (FT) Universitas PGRI Madiun (UNIPMA) menyelenggarakan Workshop Digital Marketing Strategy bagi siswa kelas X jurusan multi media. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan promosi produk dan mendukung manajemen sekolah berbasis teknologi informasi bagi SMK Cendekia Madiun.

Bisnis dan marketing adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan dan internet marketing berbasis teknologi digital adalah metode marketing yang banyak dilakukan saat ini. Digital Marketing adalah suatu usaha untuk mempromosikan barang dan jasa dengan menggunakan media digital. Workshop Digital Marketing Strategy bagi siswa SMK Cendekia Madiun dilaksanakan pada hari kamis, (22/12/2022) bertempat di laboratorium terpadu UNIPMA.

Materi workshop tentang digital marketing disampaikan oleh Bapak Muh Nur Luthfi Azis, S.Kom., M.Kom (Dosen Prodi Teknik Informatika FT-UNIPMA) membahas tentang optimalisasi penjualan dan bagaimana membaca peluang usaha digital saat ini. Materi dilanjutkan tentang  branding yang disampaikan oleh Bapak Dimas Setiawan S.Kom.,M.Kom (Dosen Prodi Sistem Informasi FT-UNIPMA).

Untuk para pemula bisnis harus mempelajari banyak hal di antaranya data statistik yang bisa di jadikan peluang untuk memulai sebuah bisnis supaya bisnis yang di bangun sesuai kebutuhan pasar yang paling di minati dan di butuhkan masyarakat saat ini, serta  branding merupakan faktor utama yang menjadi pijakan dalam pemasaran digital.