Prodi Pendidikan Biologi UNIPMA Gelar Workshop Penyusunan Proposal Riset Bagi Mahasiswa  

Grand project UNIPMA di tahun 2025 adalah menjadi pusat riset dan inovasi yang bereputasi. Upaya untuk mencapai target tersebut adalah mendorong dosen dan mahasiswa untuk aktif dalam bidang riset sesuai dengan bidang keilmuannya. Dosen dan mahasiswa adalah sumber daya manusia utama yang harus aktif dalam menghasilkan produk intelektual dan publikasi. Salah satu kegiatan untuk mendukung grand project UNIPMA adalah Worksop Penyusunan Proposal Penelitian bagi mahasiswa Pendidikan Biologi. Kegiatan ini didukung sepenuhnya melalui dana dari Kemdikbudristek melalui hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM).

 Workshop yang digelar oleh program studi Pendidikan Biologi ini dilaksanakan pada tanggal 18 November 2022. Peserta adalah seluruh mahasiswa dan dosen Pendidikan Biologi sejumlah 90 orang. Kegiatan ini menghadirkan pemateri Bapak Trio Ageng Prayitno, M.Pd. dosen sekaligus Editor in Chief Jurnal Edubiotik IKIP Budi Utomo Malang. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pembekalan penyusunan proposal riset bagi mahasiswa dengan tema riset biologi yang kekinian dan sesuai tantangan zaman. “Kegiatan ini tidak hanya untuk mahasiswa semester 7 yang akan melakukan skripsi, namun juga untuk mahasiswa semester 1,3, dan 5 agar mahasiswa mampu menyusun proposal riset sejak awal semester” ungkap Dr. Marheny Lukitasari, M.Pd. PIC kegiatan.

 Materi yang disampaikan oleh narasumber adalah  tren penelitian bidang pendidikan biologi, sumber referensi yang dapat digunakan, dan cara menyusun proposal riset. Kegiatan ini dilakukan secara interaktif di laboratorium terpadu UNIPMA. Mahasiswa sangat aktif bertanya terkait tema riset yang ingin mereka kembangkan. “Ide dan tema riset mahasiswa sangat beragam pada bidang biologi, pendidikan, zoologi, mikrobiologi, botani dan berbagai bidang lainnya. Ini merupakan modal potensial dalam menghasilkan proposal dan produk riset” ujar Trio Ageng Prayitno, M.Pd. selaku pemateri.

 Selain materi penyusunan proposal riset, kegiatan ini juga ditambah penyampaian dan pendampingan dari Dr. Wachidatul Linda Yuhanna, M.Si dalam mengarahkan proposal riset mahasiswa pada luaran dalam bentuk artikel publikasi di jurnal bereputasi. Mahasiswa diberkan wawasan tentang pentingnya publikasi hasil riset sehingga dapat bermanfaat bagi peneliti lain dan masyarakat. Harapan dari kegiatan ini adalah peningkatan jumlah penelitian dan publikasi yang dihasilkan dosen dan mahasiswa untuk mendukung Indikator Kinerja Utama (IKU) menuju perguruan tinggi yang unggul.