Perkuat Jejaring Media Massa, Dosen Pendidikan Biologi UNIPMA Magang Di RRI Madiun  

Strategi kolaborasi saat ini sangat penting dalam pengembangan kualitas lembaga pendidikan. Kolaborasi dapat melibatkan unsur praktisi, lembaga pemerintah, wirausaha dan berbagai komponen masyarakat lainnya. Sebagai penguatan proses komunikasi antara akademisi dan masyarakat, program studi Pendidikan Biologi berkerjasama dengan RRI Madiun. Mitra media massa  RRI Madiun adalah radio yang menjangkau masyarakat dari lapisan urban sampai ke rural. Sehingga melalui jejaring ini, diharapkan dapat menjadi media penghubung hasil riset dan keilmuan dosen untuk diterapkan sebagai pengabdian masyarakat yang menjangkau secara luas.

Program magang dosen di RRI Madiun ini merupakan salah satu implementasi kegiatan hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang dibiayai oleh Kemdikbudristek tahun 2022. Dosen yang dimagangkan adalah Dr. Wachidatul Linda Yuhanna, M.Si. Kegiatan magang dimulai dari bulan November sampai Desember 2022. “Magang dosen berfokus pada pengenalan ekosistem kerja di RRI Madiun dan mengerjakan proyek kolaborasi RRI” ungkap Nurul Kusuma Dewi, M.Si, selaku PIC kegiatan.

Pelaksanaan magang ini terdiri dari beberapa proyek yaitu narasumber siaran Pengarusutamaan Gender (PUG), Numpang Nampang dan Kiprah Indonesia. Tiga acara ini sangat potensial untuk sebagai media untuk melakukan pengabdian masyarakat. Dosen magang juga melakukan aktivitas broadcasting, reporter dan produksi film dokumenter madiun. Dosen magang juga aktif dalam siaran tanggap bencana, khususnya pada bencana gunung Semeru. “Kegiatan ini sangat menantang, saya benar-benar merasakan atmosfer dunia broadcasting dan ini sangat bermanfaat jika diintegrasikan dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi” ujar Dr. wachidatul Linda Yuhanna, sebagai dosen magang.

“Kami sangat mendukung kegiatan dosen magang, adanya kolaborasi proyek sangat berdampak pada peningkatan kinerja tim RRI Madiun” ungkap Yulia Harfiah, mentor dan perwakilan dari RRI Madiun. Dosen magang selanjutnya akan menjadi narasumber tetap pada acara Pengarusutamaaa Gender (PUG) yang membahas tentang tema pendidikan, lingkungan dan tanggap bencana. Setelah kegiatan ini berakhir, kerjasama akan terus ditingkatkan dalam bentuk proyek yang lebih beragam. RRI Madiun juga membuka kesempatan untuk dosen maupun mahasiswa untuk berkolaborasi dalam kegiatan magang dan Tri Dharma Perguruan Tinggi.