FKIP UNIPMA Gelar Pembekalan Alumni, Siapkan Calon Lulusan Berinsan Kreatif bagi Bangsa 

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Madiun (UNIPMA) melaksanakan pembekalan bagi para calon alumni pada, Rabu, 25/09/2024, kemarin. Acara yang diselenggarakan secara daring melalui zoom metting dan disiarkan di Youtube Universitas PGRI Madiun ini merupakan rangkaian dari UNIPMA Career Fair 2024, yang puncaknya akan digelar di Graha Cendekia UNIPMA pada tanggal 26 September 2024 nanti.

Mengusung tema “Mengembangkan Keterampilan Profesional Guru dalam Dunia Kerja,” kegiatan ini bertujuan membekali calon lulusan FKIP agar siap menghadapi dunia kerja, serta mampu mengembangkan ilmu yang diperoleh selama kuliah untuk berkarier secara profesional dan kreatif. Dengan bekal tersebut, para calon alumni diharapkan dapat menerapkan pengetahuan mereka untuk meraih kesuksesan dan siap menghadapi tantangan kehidupan.

Dua narasumber yang dihadirkan dalam acara tersebut, Heny Sulistyo Rini, M.Pd (Waka Humas SMPN 1 Geger & Pengajar Praktik Guru Penggerak), dan Binti Isticomah, S.Pd. Gr (SDN Selokajang 01 Kab. Blitar, Pengalaman MBKM Kemdikbud PMM, KM, MSIB, & Sudah P3k). Keduanya berbagi pengalaman dan wawasan terkait pengembangan dan mengembangkan professional guru di dunia kerja.

Heny Sulistyo Rini dalam materinya menekankan pentingnya mengembangkan berbagai keterampilan untuk mendukung profesi sebagai guru di dunia kerja. Sementara itu, Binti Isticomah menyoroti pentingnya memperkuat keterampilan dan pengembangan kompetensi, melalui aktivitas yang sesuai dengan bidang ilmu atau bidang lain untuk memperkuat kompetensi personal alumni, sehingga siap berkompetisi, sebagaimana motto UNIPMA yakni Smart & Competitive.

Acara ini juga dihadiri dan buka oleh Dekan FKIP, Dr. Sardulo Gembong, M.Pd., beserta jajaran dosen dan para mahasiswa calon alumni FKIP UNIPMA. Dalam sambutannya, Dekan FKIP menegaskan pentingnya pembekalan ini untuk membuka wawasan calon lulusan agar siap menjadi alumni kreatif bagi bangsa. “Saya bangga dan berharap para calon alumni FKIP tidak hanya menjadi guru, tetapi juga mampu berpikir kreatif, sehingga dapat memberikan yang terbaik bagi bangsa,” pesan Dr. Sardulo Gembong, M.Pd.

Pembekalan ini diharapkan dapat membuka wawasan bagi para calon alumni FKIP, memperkuat mental mereka untuk menghadapi dunia kerja serta mendorong mereka menjadi insan kreatif, inovatif, dan tangguh.