Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UNIPMA Gelar Workshop Bahas Redesain Kurikulum  

Selasa, 5 Oktober 2021. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UNIPMA (Universitas PGRI Madiun) menggelar Workshop Redesain Kurikulum.Acara yang dibuka oleh Dekan FKIP UNIPMA. Dr. drh.  C Novi Primiani, M.Pd.  ini menghadirkan pembicara dari Universitas Sebelas Maret, Prof. Dr. Joko Nurkamto, M.Pd.

Workshop Redesain Kurikulum ini dilaksanakan secara daring tanggal 20 dan 27 September 2021. Kegiatan ini diikuti oleh semua dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, stake holder, alumni, dan mahasiswa.

“Workshop ini merupakan salah satu langkah untuk menjalankan kebijakan pemerintah terkait program merdeka belajar. Prodi Bahasa Inggris ingin meredesain kurikulumnya sesuai dengan program merdeka belajar kampus merdeka,” kata Ketua Panitia Workshop. Dr. Erlik Widiyani Styati, M.Pd.

“Setelah paparan dari  pemateri tanggal 20 September 2021 itu kita buat project nya, itu nanti di konsulkan lagi ke narasumber pada tanggal 27 September 2021  kemarin,” ucapnya.

Erlik menjelaskan alasan mengadakan workshop membahas redesain kurikulum ini yaitu untuk mengikuti perkembangan serta mempertimbangkan, karena dilakukan dalam periode waktu tertentu, Prodi Bahasa Inggris terakhir desain kurikulum tahun 2017, maka perlu diadakan redesain sekarang.

Selain itu sesuai dengan permintaan pasar, “Jadi kami ingin mengetahui juga kurikulum yang sudah diterapkan sudah memenuhi pasar atau belum dan sekarang kurikulum berbasis merdeka belajar, sedangkan yang berjalan masih kurikulum KKNI, sehingga supaya bisa menyesuaikan”. Imbuhnya.

Kurikulum akan menentukan kompetensi dan kualitas mahasiswa. Desain kurikulum akan sangat mempengaruhi masa depan mahasiswa pasca mereka kuliah. Kurikulum yang bermutu adalah kurikulum yang mampu menyiapkan dan membekali calon lulusan yang siap bersaing  sesuai kebutuhan dalam dunia kerja.