REVITALISASI NILAI-NILAI PANCASILA DAN BELA NEGARA DI ERA GLOBALISASI 

IKIP PGRI MADIUN (30/1) - “Pancasila sebagai dasar ideologi negara yang menjadi pijakan dalam semua usaha bela negara serta paham-paham utama yang mendasari dan membingkai upaya bela negara tersebut yakni nasionalisme dan konstitusional harus direvitalisasi.” demikian yang disampaikan Prof. Dr. Moh. Mahfud MD pada orasi ilmiah pada 30 Januari 2016 di GrahaCendekia IKIP PGRI MADIUN.

Revitalisasi nilai-nilai Pancasila dan bela negara di era globalisasi harus dilakukan utamanya di perguruan tinggi yang merupakan salah satu sumber utama perekrutan calon pemimpin atau kader bangsa pada berbagai jenjang dan bidang kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena estafet kepemimpinan harus terus beralih dari generasi ke generasi yang umumnya ditempa melalui perguruan tinggi.

Pada kesempatannya Prof. Dr. Moh. Mahfud MD menambahkan harapan agar para mahasiswa IKIP PGRI MADIUN sadar bahwa negara ini milik mereka, mau tidak mau nanti harus ikut memimpin negara, mulai dari sekarang harus menyelamatkan negara ini dengan cara menghayati dan melaksanakan hidup berpancasila sebagai ideologi Negara, dan Semoga Maju untuk IKIP PGRI MADIUN. (Div. Humas-BKHK)