PELEPASAN “STUDENT EXCHANGE” PROGRAM SAKTI (STRATEGI ALIH KREDIT MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI) KEMENRISTEKDIKTI DI IKIP PGRI MADIUN 

IKIP PGRI MADIUN sebagai salah satu perguruan tinggi unggulan di Jawa Timur terpilih menjadi salah satu peserta “Student Exchange” program SAKTI (Strategi Alih Kredit melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi) KEMENRISTEKDIKTI.  Program Studi yang terpilih adalah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) bekerjasama dengan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo dan STKIP Taman Siswa Bima NTB memperoleh kesempatan untuk melaksanakan program “Student Exchange” selama kurang lebih 1 bulan.

Program SAKTI ini adalah sebuah program KEMENRISTEK DIKTI. Dalam pembagian mitra pelaksanaan program SAKTI ditentukan oleh KEMENRISTEK DIKTI dan didalamnya ada 3 mitra, yaitu STKIP Taman Siswa Bima NTB, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, dan Kupang NTT. Tetapi dari perwakilan Kupang NTT mengundurkan diri dalam pelaksanaannya. Program SAKTI ini dilaksanakan selama satu bulan, dimulai dari tanggal 17 november 2016 sampai tanggal 17 desember 2016.

Jumlah keseluruhan perwakilan mahasiswa yang mengikuti program ini adalah dari IKIP PGRI Madiun sejumlah 30 Orang, STKIP Taman Siswa Bima NTB sejumlah 15 Orang, dan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjoerjumlah 13orang (2 mengundurkan diri).       

Setelah kurun waktu tersebut, tepatnya hari Rabu, 14 Desember 2016 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar IKIP PGRI Madiun menyelenggarakan pelepasan peserta “Student Exchange” program SAKTI (Strategi Alih Kredit melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi). Acara pelepasan mahasiswa program SAKTI dimulai pukul 13.30 sampai pukul 17.00 bertempat di Graha Cendekia, IKIP PGRI Madiun.

Acara pelepasaan ini dihadiri oleh sekretaris PPLP PT PGRI MADIUN Drs Nurhadji Nugraha M.M, Rektor IKIP PGRI MADIUN Dr. H. Parji M.Pd dan Bapak Wakil Rektor 1, 2 dan 3 serta tamu undangan. Acara ini dibuka dengan Tarian kontemporer oleh sanggar tari Chandra Kirana dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh Bapak Dr. H. Ibadullah Malawi M.Pd, dan sambutan dari wakil rektor 1 STKIP Taman Siswa Bima NTB, kemudian dilanjutkan dengan pesan dan kesan oleh perwakilan peserta SAKTI dari UNIVET dan STKIP Taman Siswa Bima kemudian sambutan dari Bapak Dr. H.Parji M.Pd serta penyerahan sertifikat kepada peserta “Student Exchange” dan kemudian acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Bapak Sutaryanto M.Pd. kemudian dilanjut dengan penampilan pentas seni dari UKM IKIP PGRI MADIUN serta Penampilan pentas seni dari mahasiswa UNIVET dan STKIP Taman SiswaBima NTB.

Harapannya semoga program SAKTI ini bisa terus dilaksanakan dengan baik dan bisa diadakan MOU antara Mitra yang mengikuti program ini. (Div. Humas-BKHK) Foto: Reporter