UNIPMA Inisiasi Kolaborasi Antara NUEST Filipina dan Perguruan Tinggi PGRI Jawa Timur 

Universitas PGRI Madiun menjadi penggerak dalam upaya memperkaya inisiasi kolaborasi kerjasama internasional. Acara yang digelar di Ruang Sidang Rektorat UNIPMA, pada Senin, 29/04/2024 tersebut dihadiri oleh lembaga mitra Universita PGRI Madiun yakni Nueva Ecija University Science and Technologi Philippines (NUEST) serta perguruan tinggi PGRI Jawa Timur seperti STKIP PGRI Pacitan, STKIP PGRI Nganjuk, STKIP PGRI Trenggalek, Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung, dan STKIP PGRI Ponorogo.

Dengan hadirnya sejumlah kampus di Jawa Timur ini menandai awal dari kolaborasi yang bertujuan meningkatkan pembelajaran di tingkat Perguruan Tinggi. Kegiatan inisiasi kolaborasi dibuka dengan sambutan hangat dari Rektor Universitas PGRI Madiun, Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd, beliau menyambut para tamu undangan dengan ucapan terima kasih dan menegaskan tujuan dari inisiasi kolaborasi ini.

“Saya ucapkan terima kasih bagi semuanya. Semoga inisiasi kolaborasi ini mampu memperkaya kerjasama dalam membangun suasana pembelajaran yang dinamis, mulai dari model ajar hingga pengembangan metode belajar secara daring maupun luring.” Ujar Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd dalam sambutannya.

Setelah sambutan selesai dilakukan, acara dilanjutkan dengan pemaparan profil kerjasama Universitas PGRI Madiun yang dilakukan oleh Sri Lestari, S.Pd., M.Pd. Beliau menyuguhkan gambaran komprehensif mengenai prestasi, pencapaian dan kerjasama yang telah dilakukan oleh Universitas PGRI Madiun. Salah satu sorotan yang ditampilkan adalah kerjasama UNIPMA dengan lembaga mitra kampus luar negeri seperti NUEST, ISATU, Politeknik Malaysia, UiTM, MMSU, ISPSC, CMU dan lain sebagainya.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama. Terlihat setiap perguruan tinggi yang hadir memberikan profil mereka masing-masing. Sesi ini berlangsung meriah, karena setiap perguruan tinggi memiliki harapan sama untuk kemajuan positif yang nyata.

Harapan tertinggi dalam inisiasi kolaborasi ini adalah sebuah tindakan nyata dan bukan wacana semata. Semua terlihat bersungguh-sungguh akan aspirasi antar perguruan yang telah direncanakan. Kolaborasi ini diharapkan akan membawa manfaat besar bagi pengembang ilmu kriminologi di wilayah-wilayah tersebut, serta membuka peluang bagi pertukaran pengetahuan dan pengalaman yang bermanfaat bagi mahasiswa dan akademisi. Dengan semangat yang sama, para pihak yang terlibat bersiap untuk memperkuat jaringan kerjasama lintas institusi demi kemajuan pendidikan dan penelitian di Indonesia.