Sinergitas Mahasiswa KKNT Universitas PGRI Madiun dan Tokoh Masyarakat Kembangkan Potensi Lingkungan Dusun Mangirejo 

KKNT Bina Desa Universitas PGRI Madiun 2020 merupakan bentuk dari pengabdian masyarakat oleh Mahasiswa Universitas PGRI Madiun untuk memotivasi dan membantu masyarakat agar masyarakat desa dapat mengembangkan potensi-potensinya. KKNT Bina Desa di Desa Sidorejo, Dusun Mangirejo merupakan salah satu contoh pengabdian masyarakat untuk mengembangkan potensi tumbuhan porang di dusun tersebut.

Tumbuhan porang merupakan tanaman umbi-umbian yang banyak tumbuh di Dusun Mangirejo, namun karena kurang adanya dukugan pengadaan pembibitan porang budidaya tumbuhan porang di Dusun Mangirejo masih sangat kurang. Pengadaan Green House Taman Edukasi menjadi sarana bermanfaat bagi masyarakat Dusun Mangirejo dan sekitarnya. Selain mendapat support pembibitan tumbuhan porang, green house juga menyediakan taman edukasi dan taman gizi untuk dapat dimanfaatkan masyarakat sekitar. Taman edukasi sendiri berisikan tanaman porang, pisang dan tanaman anggrek liar yang ditangkarkan oleh mahasiswa KKN, sedangkan taman gizi berisikan tanaman sayur dan buah-buahan.

Green House Taman Edukasi merupakan program kerja sinergi yang dilakukan oleh dua kelompok KKNT Universitas PGRI Madiun yang masing-masing berasal dari kelompok KKNT Bina Desa gelombang 1 dan 2. “Gagasan Green House muncul setelah saya dan teman-teman melakukan survey lokasi. Di Dusun Mangirejo ini banyak masyarakat yang menanam tumbuhan porang, karena sesuai dengan tema KKNT yang kami ambil yaitu agrowisata jadi kami memutuskan untuk membuat green house yang nantinya dapat dimanfaatkan sebagai lahan pembibitan dan perawatan tumbuhan porang,” ungkap Bagus Mardika, mahasiswa KKNT Universitas PGRI Madiun.

Lahan yang digunakan merupakan lahan perhutani Saradan sehingga mahasiswa KKNT Bina Desa Dusun Mangirejo bekerjasama dengan LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) Rimba Jati dalam pembangunan Green House. “Green house itu juga merupakan perintisan dari taman edukasi, yang harapanya nanti taman edukasi tersebut dapat dijadikan lahan percontohan tanaman porang dan sebagai sarana untuk wisata edukasi,” Tambah Bagus Mardika.

Grand launching Green House Taman Edukasi pada Kamis (27/2) juga dihadiri oleh Rektor Universitas PGRI Madiun, Dr. H. Parji, M.Pd, Wakil Rektor 1, Ketua LPPM dan DPRD Jawa Timur. Green House Taman Edukasi ini kedepannya akan dikembangkan oleh masyarakat Dusun Mangirejo dan diharapkan mampu memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat sekitar.