Mahasiswa Prodi Akuntansi Berikan Pelatihan dan Pembekalan Digital Enterpreunership bagi UMKM Desa Cileng Magetan 

Senin, 11 Oktober 2021. Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) selama masa pandemi Covid-19 keberadaannya semakin bertambah. Hal ini menjadikan ujung tombak perekonomian saat ini, akan tetapi masih banyak yang perlu ditingkatkan baik dari pemasaran dan mutu serta daya saing produk masing-masing.

Dengan hal itu, Tim PKKM (Program Kompetisi Kampus Merdeka) Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIPMA menggelar pelatihan kewirausahaan untuk UMKM Desa Cileng Magetan dan terus mendorong Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mampu meningkatkan mutu dan daya saing produk yang dihasilkan dan juga mampu memasarkan produk lewat digital atau online.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Kamis, 7 Oktober 2021 di Kantor Desa Cileng, Kecamatan Poncol, Kabupaten Madiun. Pelatihan tersebut langsung dibuka oleh Kaprodi Akuntansi, M. Agus Sudrajat, S.E., M.Si,  mulai pukul 12.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB.

Penanggung jawab kegiatan PKKM, M. Agus Sudrajat, SE., M.Si mengatakan bahwa di era modern saat ini, pelaku UMKM dapat memanfaatkan teknologi yang berkembang untuk mempromosikan produknya secara online melalui marketplace.

“Kegiatan ini sebagai luaran hibah Program Kompetisi Kampus merdeka yang dimenangkan dari Program Studi Akuntansi UNIPMA dan salah satu kegiatan adalah memberikan  pelatihan ketrampilan pemberdayaan ekonomi masyarakat pedesaan”, ujar Agus Sudrajat.

Kegiatan ini melibatkan Mahasiswa yang memiliki keterampilan digital Enterpreunership untuk melatih UMKM yang ada di desa cileng supaya bisa masuk ke pasar virtual.

Menariknya kegiatan ini juga dengan menggandeng Mitra Shoppe Indonesia melalui zoom meeting mulai dari pembuatan akun di Shopee, Foto produk, sampai bisa memasarkan produknya melalui media sosial yaitu facebook, instagram dan YouTube serta mampu untuk berjualan di shoppe.