Ikuti Perkembangan Teknologi, Dosen UNIPMA beri Pelatihan IT untuk Guru TK dan SD 

Selasa, 12 Oktober 2021. Dalam dunia pendidikan penyampaian informasi dengan menggunakan IT sangat penting dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran dan penilaian dapat melakukan IT misalnya menggunakan computer, laptop dan HP. Lewat media ini maka proses pembelajaran menjadi lebih menarik.

Pembelajaran setelah munculnya Covid-19, menuntut para pendidik melaksanakan pembelajaran secara online. Kita semua diharapkan mampu menggunakan teknologi demi percepatan transformasi pendidikan. Guru harus menguasai teknologi pembelajaran berbasis online meliputi ketiga jenis pemanfaaatan teknologi. Baik itu sebagai media, sumber belajar maupun sebagai alat peraga.

Untuk itu, Dosen UNIPMA, Tri Wahyuni C,S.S, M.Pd. dan beberapa Mahasiswa dari Universitas wiraraja sekaligus peserta kampus mengajar angkatan 2 beranggotakan Abqari Safura, inika sari, Habanias kurli dan Tina rosanti menyelenggarakan kegiatan workshop pelatihan IT bagi guru-guru TK Aisyiyah Kota Madiun, Provinsi Jawa Timur dan SD Negeri Kalianget Timur X, Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Pulau Madura, Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 8 Oktober 2021 secara virtual melalui google meet. Kegiatan workshop pelatihan IT ini bertujuan memberikan pelatihan, informasi sekaligus pengetahuan segar kepada para peserta yang terdiri dari guru-guru TK Aisyiyah dan SD Negeri Kalianget Timur X. Pelatihan yang diberikan oleh narasumber Tri Wahyuni C,S.S, M.Pd kepada guru-guru SD Negeri Kalianget Timur X adalah pelatihan mengoperasikan google meet dan google drive. Dengan diterapkannya pembelajaran online, google meet membantu guru tetap terhubung dengan siswa layaknya mengajar secara langsung.

Narasumber juga menjelaskan bahwa kelebihan google meet adalah kapasitas peserta bisa sangat banyak, mengoperasikannya pun sangat mudah. Kemudian fungsi google drive dalam pembelajaran adalah dapat membagikan file ukuran besar , menyimpan link, membuat catatan absensi atau tugas dan lainnya. Dengan adanya google meet dan google drive dapat membantu guru mengoptimalkan kegiatan mengajar terlebih disaat pandemi seperti ini. Serta mengembangkan cara mengajar guru di SD Negeri Kalianget Timur X yang hanya terbatas menggunakan aplikasi grup whatsaap saja pada pembelajaran sebelumnya.