Webinar UNIPMA: Budaya Olahrga Untuk Indonesia Maju 

Sabtu, 6 November 2021. Di era modern saat ini, semua sarana dimanjakan dengan berbagai fasiltas atau teknologi-teknologi yang sangat maju. Hal itu menimbulkan dampak positif dan juga negatif dalam kehidupan jiak tidak dihadapi dengan seimbang. Padahal aktivitas fisik sangat penting bagi kesehatan manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Aktivitas kurang gerak yang diakibatkan karena aktivitas bisa dilakukan dengan teknologi/digital terlalu berlebihan akan mengakibatkan resiko Penyakit. Seperti kencing manis, jantung, hipertensi dan banyak yang lainnya. Salah satu upaya yang dianggap dapat mengurangi resiko penyakit ini adalah dengan meningkatakan aktivitas fisik. Aktivitas fisik yaitu olahraga.

Titin Kuntum Mandalawati, M.Or. sealaku Narasumber Webinar mengatakan bahwa olahraga itu alat untuk meningkatkan derajat kesehatan, yang berarti meningkatkan mutu sumber daya manusia. “Caranya meningkatkan mutu daya manusia salah satunya membiasakan pola hidup sehat, membiasakan berolahraga secara teratur, terarah dan terukur. Olahraga harus sesuai dengan dosis, jika tidak maka efek sampingnya akan muncul”, ujarnya.

Cara meningkatkan pola hidup sehat dan kesegaran jasmani yang prima diantaranya yaitu perilaku dan pengaturan makan/staus gizi, pengaturan istirahat, keseimbanagan mental dan spiritual serta aktivitas fisik/olahraga.

“Kriteria makanan yang sehat itu diantaranya,cukup kuantitas, proporsional, cukup kualitas, sehat/higienis, makanan segar alami, cara masak jangan berlebihan, teratur dalam penyajian, serta minum 6-8 gelas air sehari”, jelasnya.

Meningkatkan pola hidup sehat dan kesegaran jasmani yang prima selain dengan pengaturan makanan juga pengaturan istirahat. Istirahat yang cukup diantara 5-7 jam perhari dan selalu berpikir positif serta akrivitas fisik seperti mencuci, menyapu, jalan kaki.

Titin menjelaskan perlunya perencanaan olahraga yaitu intensitas latihan sesuai dengan dosis, durasi waktu, frekuensi latihan, dan jenis latihan serta progresi latihan yang tepat. Setelah olahraga perlu diperhatikan bahwa tidak dianjurkan untuk makan terlalu kenyang, minum secukupnya karena setelah olahraga banyak mengeluarkan keringat, dan tidak dianjurkan langsung mandi serta dihimbau untuk ganti pakaian yang kering terlebih dahulu.

Dalam akhir materinya Titin memberikan beberapa tip membiasakan diri untuk melakukan olahraga dengan 6 M, yaitu: 1) Mengawali olahraga dari diri kita sendiri, dan keluarga. 2) Membiasakan disiplin untuk bangun lebih awal dan melakukan aktivitas fisik atau olahraga minimal 30 menit sehari dan ditingkatkan secara bertahap. 3) memilih olahraga yang menyenangkan. 4) membuat jadwal yang menyenangkan sesuai dengan prinsip latihan. 5) memilih tempat olahraga yang menyenangkan. 6) melakukan olahraga bersama teman, saudara atau keluarga.