Prodi Pendidikan Akuntansi UNIPMA Manfaatkan Quizizz Dalam Pembelajaran Persamaan Dasar Akuntansi di MAN 1 Kota Madiun 

Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas PGRI Madiun (UNIPMA) mengadakan pengabdian kepada masyarakat di MAN 1 Kota Madiun pada (15/10/2022). Tema pengabdian kepada masyarakat kali ini adalah Mencetak Generasi Masa Depan Melalui Pembelajaran Akuntansi Ekonomi Modern.

Tim Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNIPMA bersama salah satu dosen yaitu ibu Elana Era Yusdita, S.E., M.S.A. mengajar Persamaan Dasar Akuntansi, konsep saldo normal akun serta kaitannya dengan proses pembuatan laporan keuangan pada kelas XII IIS 2. Siswa baru mendapat konsep dasar akuntansi ketika kelas XII pada mata pelajaran ekonomi, sehingga mereka butuh memahami secara mudah dan singkat. Mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNIPMA mempraktikkan kemampuan mengajar sekaligus pengetahuan akuntansi yang didapat selama kuliah pada kesempatan kali ini.

Pembelajaran dimulai dengan apersepsi dan tujuan belajar persamaan dasar akuntansi, lalu pre-test menggunakan Quizziz. Hasil tes ini berguna untuk mendeteksi kesulitan pemahaman siswa terhadap konsep dasar akuntansi serta memicu semangat siswa.

Selanjutnya pembelajaran berbasis problem based learning (PBL) dilakukan menggunakan kasus perusahaan jasa. Siswa memperoleh pengetahuan lebih dan menyeluruh tentang proses pembuatan laporan keuangan yang juga menjadi bekal jika mereka melanjutkan ke jenjang S1 Pendidikan Akuntansi dan Akuntansi.

Pembelajaran berlangsung lancar dan ceria selama 2 jam. Acara diakhiri dengan pemberian hadiah bagi mereka yang memiliki delapan skor terbaik, foto bersama, dan penyerahan vandel dari Prodi Pendidikan Akuntansi UNIPMA kepada MAN 1 Kota Madiun yang diwakili Ibu Siti Fatimah, S.Pd.