Pelatihan Dosen PGSD UNIPMA dengan Pihak Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Merdeka Malang 

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas PGRI Madiun (UNIPMA) bekerja sama dengan pihak Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), Universitas Merdeka (Unmer) Malang telah mengadakan Pelatihan Sertifikasi Kewirausahaan. Dua dosen PGSD yang lolos seleksi dan terpilih menjadi peserta Pelatihan Sertifkasi Kewirausahaan telah mengikuti pelatihan selama 1 (satu) bulan secara luring di Unmer Malang di bulan September 2022.

Program PKKM PGSD dari Kemendikbudristek membuka kesempatan bagi dosen Raras Setyo Retno, M.Pd. dan Sesaria Prima Yudhaningtyas, M.Pd untuk membekali diri dosen pendamping primarry enterpreunership untuk mengimplementasikan kepada mahasiswa. 

Dosen PGSD Unipma banyak mendapatkan ilmu dan praktik tentang kewirausahaan dari narasumber yang berpengalaman yang bernama Drs. Thomas Djaka SBW, M.Si., Ir. Agus Tumulyadi, M.P., dan Aryati, S.P. Ilmu dan pengalaman yang didapat dari Pelatihan Sertifikasi Kewirausahaan yaitu, Dasar Kewirausahaan, Kewirausahaan Lanjutan, Bisnis Plan, dan Implementasi Kewirausahaan. Implementasi Kewirausahaan yang diperoleh seperti, menganalisis dan melaksanakan segmentasi pasar serta menetapkan pasar sasaran, pengurusan legalitas usaha, dan bisnis digital.  

Dosen peserta pelatihan juga mendapatkan kesempatan berkunjung unit usaha Warung Agrin. Warung Agrin adalah usaha kuliner kue moci dan onde-onde kekinian yang disajikan dengan variasi rasa dan packaging yang kekinian. Dosen bersama narasumber melihat proses pembuatan moci dan onde-onde, melihat bahan-bahan dan melihat tata cara pengelolaan bisnis mulai dari aplikasi jual beli yang digunakan, aplikasi pengelolaan keuangan, dan cara pemasaran.