PKKM PGSD UNIPMA Mengirimkan Sebanyak 44 Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Dalam dan Luar Negeri 

Salah satu kegiatan dalam Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNIPMA adalah Pertukaran Mahasiswa Dalam dan Luar Negeri. Pertukaran Mahasiswa Dalam dan Luar Negeri merupakan salah satu bentuk program mobilitas mahasiswa untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada mahasiswa terkait atmosfer akademik dan kehidupan kampus di universitas mitra.

Pada program Pertukaran Mahasiswa Dalam Negeri, prodi PGSD UNIPMA telah mengirimkan sebanyak 15 mahasiswa di Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), 15 mahasiswa di Universitas PGRI Yogyakarta (UPY), dan sebanyak 10 mahasiswa di Universitas Muria Kudus untuk mengikuti perkuliahan di kampus mitra secara luring.

Sedangkan pada program Pertukaran Mahasiswa Luar Negeri, ada 4 mahasiswa yang mengikuti perkuliahan di Ilocos Sur Polytechnic State Collage (ISPSC), Philippines secara daring. Sehingga total ada 44 mahasiswa PGSD yang mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Dalam dan Luar Negeri.

Ketua Program Studi PGSD UNIPMA Endang Sri Maruti, M.Pd. menyatakan bahwa Program Pertukaran Mahasiswa Dalam dan Luar Negeri ini merupakan pengembangan kerja sama program studi dengan universitas mitra dalam negeri maupun luar negeri untuk mendukung Program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar, dan dalam rangka memperkuat dan menambah kompetensi lulusan perguruan tinggi.

Adapun mekanisme yang dilakukan dalam program Pertukaran Mahasiswa Dalam dan Luar Negeri ini diantaranya; Sosialisasi program kepada mahasiswa semester 3, 5, dan 7; Pendaftaran dan seleksi mahasiswa yakni seleksi administrasi dan seleksi wawancara bagi mahasiswa program pertukaran luar negeri; Pengumuman dan Penetapan mahasiswa yang lolos seleksi; Pembekalan mahasiswa, dan Penerjunan mahasiswa di universitas mitra. Mahasiswa yang mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Dalam dan Luar Negeri ini akan mendapatkan recognisi sebesar 20 sks, bantuan biaya hidup dan kouta, dan sertifikat program.