UNIPMA Kedatangan Tamu dari Filipina dan Malaysia  

Universitas PGRI Madiun (UNIPMA) mendapat kunjungan dari Ilocos Sur Polytechnic State College (ISPSC) Filipina dan Politeknik Sultan Haji Ahmad Shah (POLISAS), Malaysia.

Kedatangan tamu dari Ilocos Sur Polytechnic State College (ISPSC) Filipina pada tanggal 24-26 Oktober 2022, sedangkan tamu dari Politeknik Sultan Haji Ahmad Shah (POLISAS), Malaysia pada tanggal 27-29 Oktober 2022. Tamu dari ISPSC Filipina diantaranya ada tiga dosen sedangkan dari POLISAS Malaysia ada 11 dosen dan 12 mahasiswa.

Kedua tamu dari Filipina dan Malaysia tersebut di sambut baik oleh Rektor UNIPMA dan para Wakil Rektor dan Tim dai BKH. Kedatangan tamu dari Ilocos Sur Polytechnic State College (ISPSC) Filipina dan Politeknik Sultan Haji Ahmad Shah (POLISAS), Malaysia  ke UNIPMA dengan tujuan melanjutkan kerjasama yang sudah lama dilakukan dan inisiasi kerjasama baru. Untuk kerjasama yang telah dilaksanakan dengan ISPSC adalah: pertukaran mahasiswa (transfer kredit), pertukaran dosen (Guest lecture), joint-conference.

Sedangkan rencana kerjasama selanjutnya yaitu: kolaborasi penelitian (joint research), kolaborasi pembimbingan (joint supervision), dan Magang mahasiswa. Selanjutnya dengan POLISAS, yang telah dilaksanakan adalah pertukaran mahasiswa magang Yakni program Technical and Vocational Education and Training (SEA-TVET).

SEA-TVET adalah konsorsium yang dibentuk oleh kementerian pendidikan negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang bertujuan untuk meningkatkan kegiatan pertukaran mahasiswa serta staf yang meliputi program internship serta kerjasama industri antar negara di wilayah ASEAN. Untuk kerjasama selanjutnya adalah: transfer kredit dan pertukaran dosen.

Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan penandatangan MOU/MOA antara UNIPMA dengan ISPSC Filipina dan POLISAS Malaysia. Selain itu mahasiswa UNIPMA dengan Mahasiswa POLISAS juga saling mengenalkan permainan serta makanan yang ada di Negara masing-masing.

Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Magang, Publikasi, Penjaminan Mutu dan Alumni, Dr. Jeffry Handhika M.Pd., M.SI mengatakan bahwa  Pertukaran pelajar UNIPMA dengan POLISAS ini telah lama terjalin.

“Saya berharap kerja sama ini terus berlanjut. Semoga ilmunya mendapat nilai tambah dan semoga program-program yang dilaksanakan isemakin jaya,” ucapnya.

Timbalan Pengarah Sokongan Akademik Politeknik Sultan Haji Ahmad Shah (POLISAS), Malaysia, EN. Suhaimi Bin Yajid, mengucapkan banyak terimakasih dan sangat senang tiba di UNIPMA madiun ini.

Rombongan dari POLISAS Malysia juga mengunjungi kantor walikota madiun, hal ini disambut sangat hangat oleh Drs. H. Maidi. Sementara itu,Timbalan Pengarah Akademik Polisas Wan Zuraida memberikan apresiasi atas capaian yang telah diraih oleh Kota Madiun selama kepemimpinan Wali Kota Maidi. ‘’Kami juga berterima kasih karena telah disambut dengan baik. Berbagai capaian yang diraih ini membuat kami kagum terhadap Kota Madiun,’’ ujarnya.

Tak hanya itu mereka juga mengunjungi Kampung Dolanan, Desa Puntukdoro, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Puluhan mahasiswa dan juga dosen itu, disambut secara langsung oleh Kepala Desa (Kades) Puntukdoro, Ir. Cintoko Samodro, bersama perangkat desa dan puluhan warga masyarakat Desa Puntukdoro.

Kades Puntukdoro menjelaskan, dengan adanya inovasi kampung dolanan, di harapkan anak-anak di desanya, mulai mencintai mainan-mainan tradisional sehingga tidak terlalu bergantung pada handphone.

Tamu dari ISPSC Filipna telah kembali lebih dahulu yakni pada 26 Oktober 2022, sedangkan tamu dari POLISAS Malaysia kembali pada 29 Oktober 2022.