Tingkatkan Ketrampilan dan Literasi Digital, UNIPMA Berikan Pelatihan Canva Untuk Guru SDN 1 Sidolaju 

Di abad 21 ini guru harus mengembangkan literasi digital, terutama dalam menciptakan media pembelajaran. Untuk itu diperlukan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi yang ada, untuk itu sebagai bagian dari Tri dharma perguruan tinggi, tim Abdimas Universitas PGRI Madiun (UNIPMA) yang beranggotakan Dedy Richi Rizaldy, M.Pd., Risqi Husaeni, M.Pd, Vivi Insafvilla dan Sulistiana Pujilestari menggelar pelatihan peningkatan ketrampilan dan literasi digital melalui media canva di SDN 1 Sidolaju Kecamatan Widodaren Kabupaten Ngawi.

“Perkembangan teknologi menuntut guru untuk lebih bisa kreatif dalam menyajikan materi pembelajaran sehingga pembelajaran tidak monoton dan lebih beragam. Untuk itu melalui tim Abdimas ini, Unipma ingin memberikan kontribusi kepada masyarakat khususnya guru di SDN 1 Sidolaju dengan cara memberikan wawasan pengetahuan tentang pentingnya ketrampilan literasi digital dalam pembelajaran di sekolah di abad 21.” Kata Dedy Richi Rizaldy, M.Pd.

Dalam kegiatan ini, guru diajari bagaimana cara membuat akun Canva serta bagaimana cara memaksimalkan fitur-fitur yang ada di dalamnya sehingga bisa digunakan sebagai media pengajaran yang menarik dan efektif.

Selain itu, manfaat kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak terhadap pembelajaran diantaranya guru dapat mengetahui cara pembuatan media pembelajaran yang lebih kreatif sehingga pembelajaran bisa menjadi lebih berkreasi dan tidak monoton, serta diharapkan bisa tercipta  perubahan dari pembelajaran yang hanya biasa saja menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

“Melalui kegiatan pelatihan Canva ini ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan literasi digital guru serta dapat menambah keberagaman media pembelajaran untuk memotivasi belajar peserta didik,” kata Mochidin, guru SDN 1 Sidolaju.