Kuliah Tamu Program Studi Pendidikan Guru PAUD Nyatakan Mampu Go Internasional 

Kamis, 4 Mei 2023 Fakultas Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Universitas PGRI Madiun telah melaksanakan Visiting Lecturer oleh Dosen tamu dari NEUST (Nueva Ecija University of Science and Tecnology).

Acara tersebut berlangsung di ruang Kelas Model Pendidikan Guru PAUD UNIPMA, dengan menghadirkan satu pemateri Alfredo M. Esteban Jr dari NEUST Filipina. Sesi acara kuliah tamu juga dihadiri oleh mahasiswi PG PAUD semester dua, empat, enam dan delapan,  tidak ketinggalan juga para Dosen PG PAUD yakni Dian Ratnaningtyas Afifah, M.Psi.,Psikolog, Dr. Alisa Alfina, M.Pd. dan Dr. Rosyida Nurul Anwar, M.Pd.I.

Pembukaan kuliah tamu dibuka dengan kata pembuka dan kemudian sambutan selamat datang dari Kaprodi PG PAUD, Dian Ratnaningtyas Afifah, M.Psi.,Psi. Dalam sambutannya Kaprodi PG PAUD mengharapkan, mahasiswa mendapatkan insight baru tentang bagaimana mengajarkan bahasa inggris untuk anak usia dini.

Kuliah tamu ini dilaksanakan seperti biasa, namun yang menjadi luar biasa adalah mereka dibimbing langsung dari pengajar dari NEUST Filipina. Terlihat mahasiswi PG PAUD juga diberi tugas berupa presentasi kedepan untuk menunjukan hasil tugasnya.

Sebagaimana namanya, program ini dikhususkan bagi calon Guru PAUD masa depan (lulusan UNIPMA) untuk memberikan pembelajaran betapa pentingnya Bahasa Inggris sejak dini.

“Kita Pendidikan PG PAUD menyatakan siap menjawab kebutuhan lembaga PAUD yang membutuhkan pembelajaran Bahasa Inggris terhadap anak usia dini.” Ujar ibu Dian Ratnaningtyas Afifah, M.Psi.

Pentingnya kolaborasi antara NEUST dan UNIPMA ini adalah tukar menukar wawasan. Dengan tujuan untuk lebih memperluas relasi kedepannya untuk urusan pembelajaran. Apalagi Guru PAUD adalah seorang guru yang nantinya sebagai salah seorang yang berperan penting pembentuk karakter anak-anak. 

Lalu, Visiting Lecturer ditutup dengan pertunjukan seni Tari Rampak yang dilakukan sebagai penunjukan kekayaan Indonesia.