Pelepasan dan Sumpah Profesi Guru Lulusan UKMPPG Periode 4 dan 6 Tahun 2023 UNIPMA Berhasil Dilaksanakan  

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Madiun (UNIPMA) melaksanakan Pelepasan dan Sumpah Profesi Guru Lulusan UKMPPG Periode 4 dan 6 Tahun 2023, Sabtu, 03/02/2024,kemarin. Acara berlangsung secara luring di Graha Cendekia, Kota Madiun, Jawa Timur dan daring via zoom. Menurut laporan yang diterima, kegiatan diikuti oleh 675 lulusan dari Program Studi PPG Dalam Jabatan.

Rangkaian acara dihadiri oleh Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd (Rektor UNIPMA), Dr. Sardulo Gembong, M.Pd (Dekan FKIP UNIPMA), Dr.Ibadullah Malawi, M.Pd (Kaprodi PPG UNIPMA), Dr. Nurhadji Nugraha, S.Pd., M.M (Sekretaris PPLP PT PGRI Madiun) dan Seluruh Civitas Akademik Universitas PGRI Madiun.

Dalam kegiatan ini,  acara dibuka oleh Dekan FKIP UNIPMA bapak Dr. Sardulo Gembong, M.Pd dan dilanjutkan dengan laporan Kaprodi PPG UNIPMA, Bapak Dr.Ibadullah Malawi, M.Pd. Beliau  mengucapkan selamat kepada para mahasiswa PPG dalam  jabatan UNIPMA yang berhasil lulus dengan tepat waktu. Dilanjutkan dengan pembacaan laporan dan Surat Keputusan (SK) kelulusan oleh Dr. Hendra Erik, S.Pd., M.Pd. kemudian, prosesi utama penyerahan sertifikat pendidik dilakukan oleh Rektor UNIPMA bapak Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd dan Dekan FKIP UNIPMA Dr. Sardulo Gembong, M.Pd.

Di sistem pendidikan, guru memiliki peranan penting dalam membantu mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan kata lain, peran guru sangatlah penting untuk generasi penerus bangsa. Penciptaan perubahan, berkemajuan dan perubahan untuk meningkatkan kemampuan. Semua  memerlukan peranan guru dibalik itu. Tidak heran bila istilah Guru “Digugu dan Ditiru” merupakan hal yang benar dan sesuai fakta.

Rektor UNIPMA, Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd juga berkesempatan untuk menyampaikan sambutan dan menekankan mengenai pengabdian seorang guru professional. “Setelah mengambil sumpah, itu akan menjadi landasan bertindak untuk tugas seorang guru. Mohon menerapkan empat kompetensi yang sudah dimiliki.” Ujar Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd.

Acara yang dimoderatori oleh Candra Dewi, S.Pd.,M.Pd dilanjutkan dengan pemutaran video kenangan selama pembelajaran mahasiswa PPG Daljab dan ditutup oleh bapak Dekan FKIP UNIPMA Dr. Sardulo Gembong, M.Pd.