Poles Skill Dengan Kreativitas Melalui Mini Bootcamp “Fronted Engineer : SPA dan PWA Fundamental Node Js” 

Program Studi Teknik Informatika Universitas melalui kesepakatan bersama untuk terus mengembangkan skill dan kreativitas sukses menyelenggarakan acara Mini Bootcamp kedua dengan mengusung materi “Fronted Engineer : SPA dan PWA Fundamental Node Js” di Kampus 1 Lantai 3 Lab Komputer 3 Universitas PGRI Madiun. Sama dengan Mini Bootcamp pertama, pelaksanaan berjalan tanggal 4-5 maret 2024.

Menurut laporan dari ketua pelaksana, Muhammad Afzaal Muzaffarudin kepada Tim Humas BKH UNIPMA, peserta semakin meningkat dari Mini Bootcamp yang pertama dilakukan. Jadi para mahasiswa semakin tertarik dan antusias mengikuti Mini Bootcamp ini.

Mini Bootcamp kedua ini diisi langsung oleh Rayhan Zulfitri Dwi Cahyo, seorang mahasiswa semester 8 Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Pemuda berkacamata yang biasa disebut Rayhan tersebut sudah menggeluti “Fronted Engineer : SPA dan PWA Fundamental Node Js sekitar tahun 2021 lalu, sehingga ilmu yang ia pelajari ingin dibagi terhadap lintas generasi melalui Mini Bootcamp ini.

Adapun Single Page Applications (SPA) dan Progressive Web Applications (PWA) merupakan inovasi signifikan dalam pengembangan aplikasi web. SPA memungkinkan pengalaman pengguna jadi lebih mudah tanpa memuat ulang halaman, sementara PWA membawa kemampuan aplikasi native ke dalam lingkungan web. Dengan Node.Js sebagai pilar kuat di sisi server, pengembangan SPA dan PWA menjadi semakin efisien.

Dalam sesi ini, peserta mendapatkan pemahaman mendalam mengenai Node.js memiliki peran dalam mendukung SPA dan PWA. Ditambah, pembahasan konsep-konsep dasar, teknik intergrasi serta keuntungan dan tantangan yang akan dihadapi.

Saat  kegiatan berlangsung, para peserta nampak antusias mengikuti Mini Bootcamp tersebut. Hal itu terlihat saat sebelum dimulainya kegiatan, dimana mereka sudah stand by untuk persiapan.

Rayhan Zulfitri saat diwawancarai menambahkan bahwa peserta akan dapat ilmu dan skill baru untuk menerapkan praktik dalam menciptakan aplikasi web. Ia juga mengajak para mahasiswa Teknik Informatika untuk bersama-sama memasuki dunia inovatif pengembangan web dengan Node.js, SPA, dan PWA.