UNIPMA Gelar Penerimaan Mahasiswa Pertukaran Program PMM 4 dan ICT 2024 

Universitas PGRI Madiun menyambut 39 mahasiswa dari seluruh Indonesia dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 4 dan 4 mahasiswa International Credit Transfer (ICT) dari Filipina tahun 2024. Acara penyambutan digelar di Lantai 4 Kampus 3 Universitas PGRI Madiun, Sabtu, 09/03/2024.

Program PMM adalah inisiatif pertukaran mahasiswa antar-perguruan tinggi di Indonesia yang dikoordinasikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Dalam program ini, mahasiswa akan menghabiskan satu semester di perguruan tinggi di klaster pulau yang berbeda dengan tempat asal mereka. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan pengalaman kebhinekaan dan memperkuat semangat persatuan serta nasionalisme melalui kegiatan Modul Nusantara.

Sedangkan International Credit Transfer (ICT) merupakan salah satu program yang terintegrasi dalam kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), di mana mahasiswa memiliki kesempatan untuk belajar di luar negeri guna mengembangkan kompetensi teknis dan keterampilan interpersonal. Program ini juga menjadi sarana untuk bertukar pemikiran dalam konteks sosial dan budaya dengan individu dari berbagai belahan dunia, sebagai respons terhadap meningkatnya arus globalisasi.

Serah terima mahasiswa inbound PMM 4 dan ICT dihadiri oleh Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd (Rektor UNIPMA), Dr. Elva Nuraina, S.E., M.Si (Wakil Rektor Bidang I), Dr. Jeffry Handika,M.Pd.., M.Si. (Wakil Rektor Bidang IV), Sri Lestari, M.Pd. (Kepala Biro Kerjasama dan Humas), Nasrul Rofiah Hidayati, S.T.,M.Pd. (Dekan Fakultas Teknik UNIPMA), Dr Dahlia Novarianing Asri, M.Si. (Wakil Dekan I FKIP), Dr. drh. C. Novi Primiani,M.Pd. (Dekan FIKS), Dr. Sulistya Eviningrum, S.H., M.H. (Kaprodi Hukum UNIPMA), Dr. Endang Sri Maruti, M.Pd. (Kaprodi PGSD), Dr.Noviyanti Kartika Dewi, M.Pd., Kons (BK), Apriyanti , S.E.,M.M (Kaprodi Manajemen), Asri Musandi Waraulia, M.Pd (Dosen Modul Nusantara PMM 4), Liya Atika Anggrasari, M.Pd (Koordinator PMM 4), Brigitta Septarini, S.S., M.Pd. (Koordinator ICT) serta jajaran civitas akademika Universitas PGRI Madiun.

Kepala Biro Kerjasama dan Humas, Sri Lestari, M.Pd menyebut para mahasiswa PMM 4 datang dari beragam kampus di luar pulau jawa. Seperti Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Tanjungpura, Universitas Negeri Padang, Universitas Gorontalo, Institut Seni Padang Panjang, STKIP Andi Mattapa, STKIP Muhammadiyah Baru, Universitas Adzkia, Universitas Doktor Husni Ingratubun Tual, Universitas Hamzanwadi, Universitas Katolik Santo Tomas, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Lampung, Universitas Malikkussaleh, Universitas Piringsewu Lampung, Universitas Negeri Medan, Universitas PGRI Palembang, Universitas PGRI Sumatera Barat, Universitas Samudra, Universitas Sriwijaya, Universitas Syiah Kuala, Universitas Tadulako, dan Universitas Teknorat Indonesia.

Rektor Universitas PGRI Madiun, bapak Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd memberikan ucapan hangat selamat datang kepada para mahasiswa PMM 4 dan ICT. Beliau memberikan motivasi dan harapan kepada para mahasiswa. “Cepatlah adaptasi di lingkungan baru, karena kunci keberhasilan dan kesuksesan adalah cepat adaptasi.  Kita sama-sama menjaga nama baik Universitas. Kolaborasi antar perguruan tinggi ini diharapkan membawa dampak kemajuan terhadap pendidikan di Indonesia.” Ujar Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd, Sabtu, 09/03/2024, kemarin.

Penerimaan mahasiswa PMM 4 Inbound dan ICT 2024 dimeriahkan dengan pertunjukan seni tari dari UKM Tjandra Kirana. Dengan tema "Sedulur Papat Lima Pancer", pertunjukan ini bertujuan untuk memperkenalkan kebudayaan Jawa kepada mahasiswa dari luar pulau Jawa maupun internasional.