Merajut Persaudaraan Melalui Nilai-Nilai Al-Quran, Universitas PGRI Madiun Gelar Peringatan Nuzulul Qur’an 1445H/2024 

Semarak keceriaan Ramadhan ditunjukan oleh Universitas PGRI Madiun dengan menggelar peringatan hari Nuzulul Qur’an 1455H pada Kamis, 28/03/2024 di Graha Cendekia. Acara yang dihadiri oleh seluruh civitas akademika Universitas PGRI Madiun mengusung tema “Merajut Persaudaraan Ummat Melalui Nilai-nilai Al-Quran”.

Tema yang diambil bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kecintaan terhadap Al-Quran di tengah masyarakat. Nuzulul Quran, yang merupakan peristiwa turunnya Al-Quran dari tempat yang tinggi (Lauful Mahfuz) ke bumi diperantai oleh malaikat Jibril, menjadi fokus utama dalam upaya tersebut.

Peringatan Nuzulul Qur’an menjadi momen yang penuh berkah bagi seluruh civitas Universitas PGRI Madiun, dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh UKKI At-Tarbiyah dan dilanjutkan dengan penampilan Hadroh dari Shoutul Murobby.

Rektor Universitas PGRI Madiun, Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd, menyampaikan pentingnya merajut persaudaraan ummat melalui nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Quran. “Nuzulul Qur’an mengingatkan kita akan keberkahan dan petunjuk dalam kitab suci kita. Melalui nilai-nilai yang terkandung disetiap ayat, kita dapat memperbaiki, merajut persaudaraan, dan menciptakan kehidupan yang lebih baik.” Ujar Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd.

Acara peringatan Nuzulul Qur’an dimeriahkan oleh Ust. Hamim Jazuli dari Pondok Pesantren Al-Ikhlas Karasan Magetan, Jawa Timur. Beliau memberikan tausyiah keagamaan kepada seluruh peserta. Kehadiran beliau dan antusiasme para peserta membuat acara peringatan Nuzulul Qur’an menunjukan kehangatan serta keberkahan di bulan suci Ramadhan. Melalui kegiatan seperti ini, diharapkan untuk terus terjaga dan terpelihara dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan serta menambah nilai-nilai keagamaan yang mulia.